Yuanshi Tianzun
Dari Wikipedia bahasa Indonesia,
ensiklopedia bebas
Yuanshi Tianzun, the Celestial
Venerable of the Primordial Beginning
Yuanshi Tianzun (Hanzi:元始天尊;hanyu pinyin:
Yúanshǐ Tīanzūn), Awal Mula yang Kudus Surgawi atau Penguasa Termula
Surga, adalah salah satu dari Dewata tertinggi Taoisme. Dia
merupakan salah satu dari Tiga Dewata Murni (Hanzi: 三清;hanyu pinyin:
Sānqīng), dan juga dikenal sebagai Dewa Murni Giok (Hanzi: 玉清;hanyu pinyin:
Yùqīng). Ia tinggal di Surga Kemurnian Giok. Dipercaya bahwa dia mewujud pada
permulaan alam semesta sebagai akibat bersatunya napas-napas murni. Ia kemudian
menciptakan Surga dan Bumi.
Etimologi
Naskah Taois Lishi Zhenxian Tidao
Tongji (歷世眞仙軆道通集)
menjelaskan nama dia sebagai berikut: “Yuan (元) berarti asal; Shi (始) berarti permulaan. Energi Vital (Qi) Asal, mengejawantah menjadi seseorang yang menciptakan
dunia, menjadi Pangu; mengejawantah menjadi Leluhur yang memerintah Surga, Ia
menjadi Yuanshi Tianzun.
Kisah
dan Legenda
Kelahiran
dan Penciptaan Dunia
Yuanshi Tianzun dipercaya terlahir
secara spontan dan alamiah (Ziran; 自然) dari Energi Vital (Qi) dalam Kekosongan Besar Permulaan (Taiwu zhi Xian; 太無之先). Dalam naskah Zhen Zhong Shu (枕中書), karya Ge Hong yang hidup pada masa dinasti Jin Timur,
dikatakan:
"Ketika kekacauan besar sebelum Yin dan Yang terbagi,
tiada rupa tinggal. Tanpa Langit dan Bumi, Matahari dan Bulan, seluruhnya
nampak seperti telur yang berwarna Kuning-Gelap dan terselubung. Akan tetapi,
Manusia Sejati Pangu, sebagai inti dari alam semesta, menjuluki dirinya sendiri
sebagai Yuanshi Tianwang berada bebas didalamnya."
Setelah menciptakan Langit dan Bumi
dengan cara memisahkan mereka, Yuanshi Tianwang membuang tubuhnya dan berkelana
ke seantero Langit dengan Rohnya yang cemerlang. Ia melihat Shengnü Taiyuan dan
jatuh cinta pada kesuciannya, kemudian mengubah dirinya menjadi seberkas cahaya
biru dan masuk melalui mulut sang gadis suci. Ia dikandung oleh sang gadis suci
selama dua belas tahun, kemudian dilahirkan melalui punggungnya. Ketika ia diam
maupun bergerak, berbicara maupun diam, ia selalu dikelilingi oleh awan
berwarna-warni. Oleh dahulu ia adalah Pangu dan Yuanshi Tianwang, maka dia kini dinamakan Yuanshi
Tianzun.
Menciptakan
Tulisan
Yuanshi Tianzun dikisahkan
menciptakan sistem tulisan yang paling pertama dengan cara mengamati berbagai
aliran energi hidup
alam semesta kemudian mencatat pola bunyi, pergerakan, dan vibrasinya pada
tablet giok. Oleh karena itu, ia dipuja sebagai sumber pembelajaran dan penulis
pertama Taoisme.
Bersemayam
pada Surga Tertinggi
Naskah Zhenling Weiye Tu (眞靈位業圖) karya Tao Hongjing, seorang Taois terkenal yang
hidup pada masa dinasti Qi dan Liang, mengatakan bahwa para Dewa berdiam di
tempat yang bernama Istana Giok Murni San Yuan (Yuqing Sanyuan Gong; 玉清三元宮). Yuanshi Tianzun terletak di posisi tengah dari tingkatan
atas pertama, Alam Surga Giok Murni (Yuqing Jing; 玉清境). Lebih tinggi daripada tiga puluh lima Langit Surga yang
lain, Yuanshi Tianzun menduduki posisi tertinggi di Alam Surga. Di Alam Surga
Giok Murni, terdapat banyak paviliun dari awan ungu dan istana dari awan hijau.
Para Abadi secara khidmat datang ke Alam Surga Giok Murni untuk memberi
penghormatan kepada Yuanshi Tianzun.
Dia awalnya merupakan administrator
tertinggi Surga, tetapi kemudian menyerahkan tugas tersebut kepada asistennya Yu Huang, sang Kaisar
Giok. Yu Huang mengambil alih tugasnya dan menjadi pengawas atas Surga dan
Bumi. Pada permulaan setiap masa, Yuanshi Tianzun mengirimkan Lingpao ching
(atau "Yuanshi Ching"), Kitab Permata Ajaib, kepada para muridnya
(yaitu para Dewata yang lebih rendah), yang selanjutnya akan menginstruksi umat
manusia ajaran Tao.
Kultus
Yuanshi Tianzun dikatakan tidak
bermula dan merupakan yang paling berkuasa dibandingkan semua makhluk. Dia
sebenarnya adalah representasi dari asas dasar semua makhluk. Dari dirinya
segala sesuatu muncul. Dia abadi, tanpa batas, dan tanpa wujud.
Kitab sejarah dinasti Sui
menyatakan bahwa Yuanshi Tianzun adalah kekal. Setiap kali Langit dan Bumi
terbentuk, dia memulai kalpa baru dan menyelamatkan umat dengan mengajarkan mereka
ajaran Tao yang rahasia.
"Semua yang diseberangkan oleh dia adalah Dewa dari
tingkat tertinggi, seperti Taishang Laojun (太上老君), Taishang Zhangren (太上丈人), Tianzhen Huangren (天眞皇人), dan Dewa Raja dari lima arah (Wufang Tiandi; 五方天帝), demikian juga dengan Pejabat Kedewaan
(Xian’guan; 仙官)."
Sebagian besar kuil Taois mempunyai
Aula Sanqing, dimana
pada posisi tengah ditempati oleh rupang Yuanshi Tianzun yang memegang pusaka
Mutiara Hunyuan (Hunyuan Zhu; 混元珠).
Sewaktu ritual peribadatan Taois dalam skala besar diadakan, bilah papan nama
atau pahatan rupang Sanqing dipuja dengan Yuanshi Tianzun di posisi tengah. Tanggal 1
bulan 1 Imlek merupakan hari kelahiran suci dari Yuanshi Tianzun, akan tetapi
ada juga sebagian umat yang merayakannya pada waktu Titik Balik musim dingin
(Dongzhi atau
Tangcheh; 冬至).
Lingbao Tianzun
Dari Wikipedia bahasa Indonesia,
ensiklopedia bebas
Shàngqīng
Shàngqīng (Hanzi=上清),
Yang Murni Tertinggi, menurut Taoisme merupakan
salah satu dari Tiga Dewata Murni, dewata tertinggi dalam panteon Taois.
Dia juga dikenal dengan nama Lingbao Tianzun (Hanzi=靈寶天尊)
yang berarti "Ketuhanan dan Harta yang Dipuja oleh Semua" atau
"Penguasa Seluruh Harta Spiritual".
Gelar kebesarannya adalah Sangqing
Gaosheng Taishang Yuhuang Dadaojun (上清高聖太上玉皇大道君). Dalam Zhenling Weiye Tu (眞靈位業圖) disebutkan bahwa, dia menempati posisi kedua ditingkat
pertama, kedua setelah Yuanshi Tianzun,
yang menempati posisi tengah di tingkat pertama.
Ia dijuluki Taishang Dadaojun (太上大道君) selama masa dinasti Tang.
Pada masa dinasti Song, ia dijuluki Lingbao Tianzun (靈寳天尊) atau Lingbao Jun (靈寳君). Menurut naskah suci Dongzhen Dadong Jing (洞眞大洞經) yang tertulis dalam Yunji Qiqian (雲笈七籤):
"Inti dari Energi Vital/Qi dari Fajar Giok dan Awan
Ungu dalam waktu dan keadaan yang sangat menguntungkan, amat cerah bagaikan
giok dan mulia bagaikan emas, menyatu dengan Sukma Asal dan bersemayam dalam
rahim seorang Ibu, dan kemudian mengejawantah menjadi seorang manusia."
Kisah
dan Legenda
Asal
Usul
Menurut naskah suci Lingbao Lueji (靈寳略記), Taishang Daodaojun bersemayam dalam rahim Hongshi
dari negeri Nunayu di Barat, dan bermeditasi dalam Bilik Rahim Giok selama 3700
tahun. Kemudian ia dilahirkan disebelah bukit Danxuan di Gunung Fuluo, dia
dinamakan Qidu atau Shangkaiyuan. Ketika dewasa, ia menyadari Tao (jalan) dan
berikrar untuk mencapai pencerahan. Setelah duduk dibawah pohon Mulberry mati
dan bermeditasi selama 100 hari, Yuanshi Tianzun
turun menampakkan diri dan mengajarkan kepada dia sepuluh naskah suci suci Dharma
Kendaraan Agung Lingbao.
Membawahi
dan Mengatur Para Abadi Tingkat Tinggi
Shangqing Gaosheng Taishang Yuhuang
Dadaojun merupakan wakil dari Yuanshi Tianzun.
Semenjak menerima naskah dan dharma suci, dia tinggal di Alam Surga Kemurnian
Unggul (Shangqing jing; 上清境),
posisi tertinggi kedua di antara 36 tingkatan surga. Sebagai penguasa istana
Gerbang Surya Ruizhu (Ruizhu Rique; 蕊珠日闕), dia membawahi Bilik Ungu Qiying (Qiying Zifang; 七映紫房) yang dijaga oleh Jaka Emas dan Gadis Giok (Jintong Yunv; 金童玉女), masing-masing berjumlah 300.000. Ia dihormati segala roh
suci seperti: Lima Penguasa memegang Jimat Kekuasaan, Para Abadi dari tingkatan
tinggi mengadakan ritual pagi, dan para Kaisar Langit
pemegang papanperintah.
Menyelamatkan
Makhluk Hidup
Lingbao Tianzun membantu Kaisar Giok
dalam menjelaskan naskah-naskah Tao kepada
dewa-dewa yang berkedudukan lebih rendah dan kepada manusia. Ia selalu
diasosiasikan dengan naskah Lingbao.
Menurut tulisan naskah suci Dongxuan
Benxing Jing (洞玄本經),
Lingbao Tianzun menyelamatkan umat dengan Dharma Pusaka Lingbao. Pada
masa 9900 miliar kalpa sejak penciptaan awal sampai pada tahun pertama siklus Cahaya
Merah (Hanzi:赤明元年;hanyu pinyin:Chiming Yuannian), umat yang dia seberangkan banyaknya
seperti butiran pasir dan debu. Orang-orang yang memiliki keraguan dan berjodoh
dengannya, Lingbao Tianzun akan memberikan ajaran dengan penuh kesabaran dan
welas asih. Dia memiliki 36 perwujudan dan 72 perubahan, dan dapat mengabulkan
dengan segera permohonan umat di banyak tempat.
Kultus
Pada aula Sanqing di kuil
Taois, Lingbao Tianzun selalu tampil pada posisi sebelah kiri Yuanshi Tianzun
sambil memegang Pusaka Ruyi di tangannya. Ketika ritual peribadatan Taois dalam
skala besar diadakan, Lingbao Tianzun juga tampil di sebelah kiri Yuanshi
Tianzun. Hari Ulang Tahun Suci Lingbao Tianzun jatuh pada Titik
Balik Musim Panas (hanyu pinyin:Xiazhi;Hanzi= 夏至),
pada pertengahan bulan 5 penanggalan Imlek.
Daode Tianzun
Dari Wikipedia bahasa Indonesia,
ensiklopedia bebas
Tàiqīng
Daode Tianzun (道德天尊)
adalah gelar resmi untuk Tàiqīng (太清): Yang Murni Agung, salah satu dari Tiga Dewata Murni.
Ia juga biasa dikenal sebagai Taishang Laojun (太上老君) "Penguasa Tua Tertinggi Agung". Panggilan
lainnya adalah Daode Zhizun 道德至尊 "Yang Bajik dan Dipuja Semua Makhluk", Daojiao
Zhizu (道教之祖), Leluhur Tao. Laozi dianggap sebagai salah satu manifestasi Daode Tianzun yang
menulis naskah Tao Te Ching.
Perayaan manifestasi dia jatuh pada tanggal 15 bulan 2 penanggalan Imlek.
Kisah
dan Legenda
Asal
Usul
Berdasarkan Biografi Laozi yang
disusun oleh Ge Hong dalam Biografi para Abadi (Hanzi=神仙傳;hanyu
pinyin=Shenxian Zhuan), dikatakan bahwa Laozi terlahir sebelum Langit dan
Bumi, setelah 72 tahun berdiam dalam rahim ibundanya. Dia dilahirkan dibawah
sebuah pohon plum (Li). Dia sudah dapat berbicara ketika dilahirkan, dan
mengambil huruf "Li" (李) berdasarkan nama pohon tempat ia lahir sebagai marga.
Menurut Inskripsi Penghormatan
bagi Laozi (hanyu pinyin=Laozi Ming;Hanzi= 老子銘)
yang ditulis oleh Bian Shao, Perdana Menteri dari Chen, pada tahun ke-8
Yanxi dinasti Han Timur, Laozi "muncul dari Energi Vital (Qi) Kekacauan Besar, abadi bagaikan tiga cahaya, Matahari;
Bulan; dan Bintang-bintang." "Sebagai perwujudan dari Tao, dia
melindungi dan menyelamatkan umat." Zhenling Weiye Tu (眞靈位業圖) menempatkan Taiqing Taishang Laojun pada posisi
tengah di tingkat keempat , dalam istana Taiji (太極宮) di Alam Surga Kemurnian Agung (太清境), yang merupakan Alam Surga ke-34 dan merupakan Alam Surga
tertinggi ketiga dari 36 Alam Surga.
Bab "Catatan Buddhisme dan
Taoisme" dalam sejarah Dinasti
Wei mengatakan bahwa Taishang Laojun
"berdiam diatas dalam Ibukota Giok (玉京) sebagai leluhur Raja-raja Suci. Berdiam dibawah dalam
Kegaiban Ungu (紫微)
sebagai Penguasa Dewata Terbang." Keluarga kerajaan dari Dinasti Tang,
menjadikan Laozi sebagai
leluhur mereka, menghormati dan menghargai dia dengan banyak gelar mulia. Kaisar Gao dari Tang memberikan gelar Xuanyuan Huangdi (玄元皇帝); sementara Kaisar Xuan dari Tang memberikan gelar Da
Shengzu Gaoshang Dadao Jinque Xuanyuan Tianhuang Dadi (大聖祖高上大道金闕玄元天皇大帝).
Penjelmaan
dari Tao
Naskah Yunji Qiqian (雲笈七籤) mengatakan:
"Laozi adalah Taishang Laojun dan merupakan perwujudan
dari Tao. Dia merupakan leluhur dari Energi Vital (Qi) Asal dan akar dari Langit dan Bumi. Muncul keluar dari
spontanitas, sumber asal dari Tao Agung terlahir dari tak-terlahirkan, awal
dari yang tak-berawal, terbentuk dari Gua Sunyata (空洞), mencipta dan merawat Langit dan Bumi. Dia dinamakan Tao
yang Sempurna Sejati dan Maha Unggul, agung dan di luar jangkauan kata-kata.
Maka dari itu dia berkata: 'Terlahir dari yang Tanpa Bentuk, berasal dari
Hakikat Agung, berkembang penuh ketika Permulaan Agung, Aku berkelana dalam
Maha Kesedehanaan (太素).
Masuk dan keluar dari Kekosongan, Aku memasuki dan meninggalkan Misteri Samar.
Aku menyaksikan Kekacauan sebelum ia terbagi, menyaksikan Yin dan Yang sebelum
ia terpisah, menapaki Rimba Alam Semesta, dan mengalami penciptaan dari segala
sesuatu.' Oleh karena itu, Laojun merupakan Energi Vital (Qi) Asal dari Tao Yang Sempurna dan pencipta
ke-spontanitasan."
Guru
Para Suci
Sejak penyatuan Fuxi dan Shennong, Taishang Laojun dipercaya telah berulang kali
menginkarnasikan dirinya di dunia. Ia disebut Xuanzhong Fashi (玄中法師) pada masa Tiga Mulia Atas, sebagai Jinque Dijun (金闕帝君) pada masa Tiga Mulia Bawah, Yuhuazi pada masa Fuxi, Laozi Sembilan-Sukma pada masa Shennong,
Guangshouzi pada masa Zhurong, Guangchengzi pada masa Kaisar Kuning,
dan Chijingzi pada masa Zhuanxu. Dia adalah Lutuzi pada masa Kaisar Ku,
Wuchengzi pada masa Yao, dan Yinshouzi pada masa Shun. Dia adalah Zhenxingzi
pada masa Yu dari Dinasti Xia, Xizezi pada masa Tang dari Dinasti Yin-Shang,
dan Master Wen’yi pada masa Raja Wen. Dia merupakan guru dari bergenerasi
orang-orang suci.
Kultus
Dalam aula Sanqing pada kuil
Taois, Daode Tianzun selalu tampil di posisi sebelah kanan Yuanshi Tianzun,
sebagai sosok orang tua berambut dan berjanggut putih dengan kipas bulu
ditangannya. Ketika ritual peribadatan Taois dalam skala besar diadakan, Daode
Tianzun juga tampil di sebelah kanan dari Yuanshi Tianzun. Hari Ulang Tahun
Suci Daode Tianzun jatuh pada tanggal 15 bulan 2 Imlek. Para pemeluk Tao
menganggap Taishang Laojun sebagai leluhur agung mereka, menyelenggarakan
perayaan hari kelahiran suci dan mengadakan ritual persembahyangan
Keberuntungan dan Umur Panjang pada hari tersebut.
https://id.wikipedia.org/wiki/Daode_Tianzun